Lebih Menguntungkan Mana?Resepsi di Rumah atau di Gedung?

Pernikahan merupakan salah satu tahapan dalam kehidupan manusia. Hal ini sering terjadi di belahan bumi manapun dan terjadi kapanpun. Untuk itu peristiwa pernikahan biasanya tidak dilewatkan orang begitu saja sebagaimana mereka menghadapi peristiwa sehari-hari seperti biasanya. Sehingga di hari pernikahan pada umumnya dirayakan secara meriah, diiringi dengan upacara-upacara yang berkaitan dengan adat istiadat, bahkan di acara pernikahan terdapat berbagai makanan dan minuman, serta terdapat beberapa perayaan atau beberapa keramaian.

Bagi calon pasangan yang ingin merayakan pesta pernikahan, seringkali dihadapkan oleh kebingungan dalam menentukan lokasi. Lokasi pesta perayaan pernikahan merupakan salah satu harus dipikirkan secara matang. Adakalanya resepsi pernikahan ada diadakan di rumah ataupun di gedung, hal ini tergantung dari calon pasangan yang mau melaksanakan pernikahan. Biasanya terdapat faktor-faktor yang menjadi pertimbangan calon pasangan pengantin untuk resepsi di rumah atau di gedung. Faktor-faktor tersebut menyangkut kelebihan dan kekurangan melakukan resepsi di rumah atau di gedung. Berikut ini perbedaan resespsi antara di rumah dan di gedung:

Resepsi di Rumah

Rumah menjadi lokasi yang sangat wajar dan kebanyakan dipilih oleh calon pengantin untuk melaksanakan respesi pernikahan baik itu lokasi rumah itu kecil ataupun besar. Sehingga mereka menyulap rumah dan halaman menjadi tempat perayaan dengan sedemikian rupa. Adapun melakukan resepsi memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:
Kelebihan:
a. Tidak perlu mengeluarkan budget sewa tempat.
b. Waktu bebas dan dapat bebas menentukan sendiri baik itu dari pagi hingga malam.
Kekurangan:
a. Memiliki kapasitas tempat yang tidak besar.
b. Tidak ada lahan parkir yang luas.
c. Ribet dan merepotkan semuanya, dikarenakan setelah usai melangsungkan resepsi harus membersihkan.
d. Fotografer dan perekam video tidak bebas mengambil sudut yang bagus untuk mengambil gambar atau angle yang bagus, karena tempat yang sempit.

Resepsi di Gedung

Pada umumnya lokasi yang dipilih oleh calon pasangan untuk resepsi pernikahan yaitu gedung pertemuan. Gedung pertemuan kini menjadi alternatif yang tak kalah diminati oleh mempelai pengantin. Adapun melakukan resepsi memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:
Kelebihan:
a. Memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat menampung tamu dalam jumlah besar.
b. Lokasi strategis sehingga dapat dijangkau oleh siapapun.
c. Lahan parkir yang luas dan aman.
d. Lebih praktis, instan, serta tidak merepotkan calon pasangan pengantin beserta keluarga. Karena setelah usai melangsungkan resepsi, dapat kembali ke rumah tanpa harus membersihkan gedung tersebut.
e. Harga relatif rendah dibandingkan dengan hotel.
Kekurangan:
a. Mahal, menyewa gedung tentunya calon pesangan pengantin harus mengeluarkan budget tambahan yang dimana biasanya harga untuk menyewa gedung tidaklah murah.
b. Waktu terbatas, hal ini dikarenakan gedung tidak hanya digunakan untuk nikah saja melainkan gedung juga memiliki schedule yang padat. Sehingga biasanya untuk acara resepsi pernikahan hanya dibatasi 4-5 jam saja atau sesuai dengan kesepekatan sewa.

Nah, di atas itu merupakan beberapa perbandingan kelebihan dan kekurangan melakukan pernikahan di rumah atau di gedung. Masih bingung, mau resepsi di rumah atau digedung? Nikah itu dibuar santai aja, jangan dibuat pusing. Bagi Calon pengantin yang mau melakukan resespi tidak perlu bingung, karena ada Wedding Organizer Surabaya yang akan selalu siap membantu. Wedding Organizer Surabaya menyiapkan beberapa Paket Pernikahan Surabaya menarik, baik itu di rumah ataupun di gedung tentunya sesuai dengan budget yang Anda miliki.