Konsep Pernikahan Islami

Pernikahan merupakan penyatuan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang diharapkan bersifat relatif langgeng, diakui keabsahannya secara sosial, agama, dan hukum. Serta di dalam ikatan pernikahan ada pembagian kerja serta kerjasama dalam berbagai aspek kehidupan, yang bertujuan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Dengan demikian nikah bertujuan untuk mencari kesenangan dari suami maupun istri dan saling berbagi kesenangan maupun kesusahan bersama, saling menghormati antara satu dengan yang lain sesuai dengan ketetapan syariat agama.

Agama Islam telah menjadikan ikatan pernikahan yang sah berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah sebagai satu-satunya sarana untuk memenuhi tuntutan naluri manusia yang sangat asasi. Selain itu ikatan pernikahan juga merupakan sarana untuk membina keluarga yang islami. Resepsi pernikahan merupakan suatu hal yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia.

Akhir-akhir pesta pernikahan bernuansa Islami banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pernikahan menggunakan konsep islami haruslah dijalankan dengan berpegang pada beberapa aturan yang harus dijalankan. Biasanya dalam konsep pernikahan ini berdasarkan ajaran agama islam, dengan mengikuti ajaran yang berlaku dan menghindari beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

1. Membuat undangan yang bermanfaat bagi para tamu undangan, hal ini bertujuan agar tidak mubazir.

2. Akad nikah syar’i, dimana pada saat melakukan akad nikah mempelai laki-laki dan perempuan dipisah sehingga tidak bertemu. Saat laki-laki mengucapkan ijab kabul, baru dapat bertemu dan disandingkan dengan pasangan sahnya.

3. Tamu undangan laki-laki dan tamu undangan perempuan harus dipisahkan, hal ini bertujuan untuk tidak terjadi ikhtilat atau mengindari dari adanya campur baur tamu antara laki-laki dengan perempuan.

4. Tidak ada musik pada saat acara pernikahan berlangsung, adapun memakai musik tetapi musik harus bernuasan islami.

5. Pengantin tidak menggunakan make up dan baju yang berlebihan, cukup sedarhana saja. Khususnya bagi mempelai perempuan, gaun pengantin tidak boleh menonjolkan lekuk tubuh dan menggunakan make up yang tidak berlebihan yaitu tidak menggunakan bulu mata palsu, mengerik alis, membuat punuk unta untuk jilbab.

6. Memberikan souvenir yang bermanfaat bagi para tamu undangan.

Pada umumnya serangkaian di suatu acara pernikahan dilakukan dengan mengadakan akad, mengundang teman atau kerabat keluarga, dan kemudian diberikan jamuan kepada mereka, seperti tasyakuran atas pernikahan mereka. Mungkin diantara kalian ada yang sedang merencanakan acara pernikahan dengan konsep islami. Untuk membantu kalian yang sedang bingung, Wedding Organizer Surabaya akan membantu kalian merencanakan pernikahan seperti yang kalian impikan. Wedding Organizer Surabaya memiliki Paket Pernikahan Surabaya yang didalamnya terdapat beberapa pilihan paket, termasuk paket pernikahan dengan konsep islami.