Prosesi Pernikahan Adat Pernikahan Suku Minangkabau

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman mulai dari suku, adat istiadat, agama, bahasa, ras, suku, seni, dan budaya yang beraneka ragam. Beragamnya suku bangsa dan bahasa dalam suatu ikatan semboyan yaitu Bhineka Tunggal Ika menjadikan negara Indonesia sebuah negara yang sangat mejemuk. Sebagai negara yang mejemuk, masyarakat Indonesia dengan perbedaan dan keanekaragaman tersebut tetap menjadi kesatuan yaitu bangsa dan negara Indonesia.
Salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia yaitu suku Minangkabau yang terdapat di daerah Sumatera Barat. Adat Minangkabau adalah bagian dari kebudayaan Indonesia. Masyarakat minangkabau memandang masalah pernikahan sebagai suatu peristiwa yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan pernikahan tidak hanya menyangkut kedua calon mempelai pengantin melainkan juga menyangkut orang tua dan seluruh kedua belah pihak keluarga yang bersangkutan.
Pada dasarnya pernikahan memiliki ketentuan dan peraturan dalam pelaksanaannya. Pernikahan dengan adat Minangkabau memiliki hukum yaitu bahwa seseorang dilarang menikah dengan seseorang dari suku yang sama. Dalam menentukan suku seseorang, garis keturunan Minangkabau ditentukan menurut garis keturunan ibu. Pada masyarakat Minangkabau, dimana setiap orang dapat menjumpai masyarakatnya secara keseluruhan disusun menurut sistem garis keturunan ibu (matrilineal).

Pernikahan dalam adat Minangkabau menjadi salah satu hal yang penting, hal ini dikarenakan berhubungan erat dengan sistem kekerabatan matrilineal dan garis keturunan. Dalam prosesi pernikahan adat Minangkabau bahkan memberikan kedudukan dan sekaligus kewajiban yang lebih berat kepada mamak daripada kewajiban ibu.

Adapun terdapat tata cara dalam prosesi pernikahan adat Minangkabau. Berikut ini merupakan proses yang harus dilakukan dalam prosesi pernikahan, yaitu sebagai berikut:

1. Jopuik manjopuik
2. Pinang meminang
3. Batuka tando
4. Akad nikah
5. Baralek gadang
6. Jalang manjalang

Wedding Organizer Surabaya merupakan salah satu WO yang berasal dari Surabaya yang sudah terkenal dan memiliki nama, karena Wedding Organizer Surabaya sudah memiliki jam terbang yang sangat banyak. Wedding Organizer Surabaya memiliki Paket Pernikahan Surabaya bagi calon mempelai pengantin. Wedding Organizer Surabaya akan selalu siap membantu client dalam mempersiapkan pernikahan bagi yang mau melaksanakan pernikahan dengan konsep adat manapun.