Perbedaan Trend Pernikahan Zaman Old dan Zaman Now

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, maka kebutuhan manusia semakin banyak yang harus dipenuhi. Pernikahan merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia. Pernikahan merupakan salah satu tahap penting dalam kehidupan manusia. Selain merubah status seseorang dalam masyarakat, pernikahan juga merupakan suatu hal yang sakral dan suci.

Bagi zaman old menikah dianggap sebagai pelengkap, berbeda dengan zaman now menikah merupakan menjadi salah satu bentuk pencapaian hidup.Selain pemikiran dan pandangan arti pernikahan di zaman old dan zaman now, tedapat pula perbedaan trend pernikahan. Adapun perbedaan trend pernikahan di zaman old dan zaman now, yaitu sebagai berikut:

  1. Zaman old dijodohin oleh orang tua, kalau zaman now dijodohin tanda tidak laku. Di zaman old perjodohan merupakan suatu hal biasa dilakukan. Perjodohan dilakukan oleh kedua belah pihak orang tua yang biasanya saling mengenal dekat ataupun memiliki tujuan tertentu di balik perjodohan tersebut.
    Namun di zaman now, perjodohan sudah dihapus dan bahkan jarang dilakukan. Bahkan ada yang menilai perjodohan yang dilakukan di zaman now berarti tidak laku.
  2. Zaman old undangan diantar dirumah, kalau zaman now undangan di sebar lewat online. Di zaman old undangan diantar secara manual yaitu diantar ke rumah-rumah para undangan. Namun perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi gaya calon pasangan yaitu memberikan undangan dengan cara online yaitu media sosial baik itu lewat facebook, whaatshaap, instagram, dll. Hal ini tentunya membuat lebih praktis dan hemat.
  3. Zaman old pernikahan diurus sendiri, kalau zaman now diurus wedding organizer. Di zaman old ada salah satu istilah yaitu “rewang” . Rewang merupakan tradisi membantu tentangga yang akan melaksanakan pernikahan. Namun di zaman now tradisi rewang sudah mulai bergesar karena adanya wedding organizer. Wedding Organizer Surabaya sendiri hadir untuk memudahkan calon pasangan pengantin untuk mempersiapkan pernikahannya. Mulai dari konsep acara, lokasi, dekorasi, make up, hingga catering.
    Menggunakan jasa wedding organizer dinilai sangat efektif dalam melaksanakan pernikahan, karena Wedding Organizer Surabaya memiliki Paket Pernikahan Surabaya. Sehingga calon pasangan pengantin dapat memilih salah satu paket yang ditawarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  4. Zaman old pingitan, kalau zaman now bridal shower. Di zaman old, calon mempelai khususnya perempuan sebelum melangsungkan pernikahan harus dipingit. Dalam pingitan calon mempelai perempuan tidak diperbolehkan untuk keluar rumah atau bertemu dengan calon mempelai laki-laki.
    Namun di zaman now calon mempelai pengantin berkumpul bersama teman hingga mengadakan acara yang saat ini sedang trend yaitu bridal shower dan bachelor party. Biasanya acara tersebut berisi jamuan makan, berbincang-bincang dengan teman, serta berfoto bersama dengan calon pengantin.
  5. Zaman old Zaman old pagar ayu, kalau zaman now bridemaids. Di zaman old pagar ayu selalu hadir di acara pernikahan, pagar ayau merupakan barisan penerima tamu yang terdiri dari perempuan-perempuan cantik.
    Tidak jauh berbeda di zaman now, pernikahan tanpa bridemaids tidaklah lengkap. Yang menjadi bridesmaid yaitu sahabat-sahabat terdekat mempelai pengantin.

Nah menurut kalian lebih enak mana nih gaess?? tradisi pernikahan di zaman now atau di zaman old dulu?? Tentunya seiring perkembangan zaman tentunya ada plus dan minusnya yaa.. Sekian informasi dan tips dari kami jasa wedding organizer surabaya, buat kalian di zaman now yang sedang mencari jasa wedding organizer bisa hubungi kami yaa.