PENTINGNYA MENGGUNAKAN ADAT DALAM PESTA PERNIKAHAN

Pernikahan adalah merupakan salah satu momentum yang sangat istimewa dalam kehidupan bagi mayoritas individu. Di mana seseorang telah menemukan pasangan hidupnya yang dianggap cocok untuk dapat membina rumah tangga bersama, dan mengarungi lautan kehidupan di dunia ini, yang diresmikan dengan sebuah akad nikah. Momentum istimewa tersebut tentunya juga merupakan sebuah kebahagiaan yang begitu mendalam bagi pasangan pengantin, karena cinta keduanya dapat bersatu dan diikat dalam jalinan yang sah baik perspektif agama maupun perspektif hukum negara.

151314-prosesi-pingitan-89867679899978e24e2c5d6c361eb01b-70c7c1b088f5137931f6c830d95a1f07_600x400

Keragaman budaya Indonesia membuat banyak orang akhirnya memilih menikah dengan menggunakan adat di hari pernikahan mereka. Indonesia sangat kaya akan budaya dan adat istiadat. keberagaman budaya inilah yang membuat banyak orang ingin tetap melestarikan warisan leluhur tersebut. Salah satunya ialah dengan memasukkan unsur adat dalam pesta pernikahannya.Meski terlihat rumit, tapi banyak hal positif yang kamu dapatkan jika memilih menikah dengan adat. Selain sebagai sarana melestarikan budaya, tradisi adat dalam pesta pernikahan juga mengandung nilai ibadah.

Inilah 11 Prosesi Pernikahan Adat Jawa Lengkap Gambar, Makna, dan Penjelasannya

Ada bebrapa pernikahan adat yang masih banyak diminati oleh masyarakat untuk melangsungkan pernikahan seperti adat jawa, Upacara pernikahan adat Jawa ini masih sangat kental dan masih banyak masyarakat suku Jawa yang menjalankan tradisi tersebut. Dimulai dari pemilihan tanggal baik untuk melangsungkan pernikahan, pasang tarub (tenda), dan tradisi sungkeman setelah ijab kabul. Tradisi ini kental akan suasana Jawa yang terkenal dan sakral.

Adat Palembang, Pernikahan adat Palembang ini memeliki keunikan tersendiri. Biasanya dari pihak keluarga laki-laki akan mengirim utusan untuk menyelidiki si calon mempelai wanita. Utusan tersebut akan berpura-pura berkunjung ke rumah untuk bertemu pihak keluarga perempuan. Kemudian, utusan akan menanyakan status si Perempuan, jika orang tua perempuan belum berkeinginan untuk menikahkan, maka utusan akan mengakhiri pembicaraan dan kembali pulang. Semua isi pembicaraan akan dilaporkan kepada keluarga laki-laki.

Adat Batak, Pernikahan adat Batak ini masih sering kita jumpai dan menjadi salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia. Tata cara penikahan adat Batak ini juga memilki rentetan upacara yang banyak. Akan tetapi, banyaknya upacara adat itu membuat pasangan yang menikah awet dan enggan untuk menikah lagi.
Adat Sunda, Pernikahan adat Sunda ini meskpiun terhitung sakral, akan tetapi dikemas dengan humor agar terkesan menghibur. Seperti pernikahan adat lainnya, pernikahan adat Sunda ini juga memiliki serangkaian upacara. Sampai yang terkenal tradisi siraman dan melepaskan burung merpati sebagai pertanda melepasnya masa lajang.

Anda juga dapat menambahkan makanan-makanan tradisional yang ada di daerah asal anda. tamu yang datang pun akan penasaran dan betah dalam pesta pernikahan yang anda buat dan tentunya anda dapat membahagiakan kedua orangtua karena bersedia membuat pesta pernikahan dengan sentuhan adat istiadat dari nenek moyang.

Berkah Enterprise
Wedding Organizer Surabaya