TIPS MENGATUR PEMBAGIAN UNDANGAN PERNIKAHAN

Menyusun daftar tamu undangan merupakan salah satu hal pokok dalam merencanakan pesta pernikahan. Sebab jumlah tamu yang diundang turut memengaruhi kebutuhan pesta yang lain, seperti porsi catering, suvenir, juga undangan pernikahan. Menyusun daftar tamu undangan pun terasa lebih sulit bila anda termasuk tipe pengantin yang punya banyak lingkaran pertemanan.

Daftar tamu pernikahan menjadi hal yang penting lebih dari apapun. Bagaimana pun juga, setiap tamu harus dihitung, terutama jika Anda memiliki ruang yang terbatas. Tetapi, meskipun Anda menyelenggarakan pesta pernikahan mewah dengan ribuan tamu, akan sulit bagi Anda untuk menentukan tempat pernikahan tanpa Anda terlebih dahulu mengetahui jumlah tamu yang mau Anda undang.

Terdapat berbagai macam pernikahan dengan gaya dan ukuran yang berbeda-beda saat ini, mungkin ada kalanya Anda merasa sulit menentukan tempat mana yang tepat untuk Anda. Tidak ada jawaban yang benar atau pun salah ketika berbicara tentang hari pernikahan, selama Anda dapat memikirkan segala aspek dengan hati-hati.

Teknik mengatur tamu undangan Salah satu pengeluaran yang bisa dihilangkan adalah jumlah undangan. Tapi banyak orang merasa segan kalau nggak mengundang banyak orang. Mulai takut dijadikan bahan omongan sampai takut dianggap sombong. Sebenarnya sah-sah saja bagi kamu yang akan menikah untuk memangkas biaya satu itu, karena dengan mengurangi jumlah tamu, biaya lain seperti cetak undangan dan katering akan ikut terpangkas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengurangi daftar tamu yaitu Pertimbangkan kembali keluarga besar dan rekan kerja Anda. Hal ini adalah cara yang paling cepat untuk mengurangi jumlah tamu Anda. Pertimbangkan kembali orang-orang yang dari awalnya membuat Anda berpikir dua kali untuk mengundan mereka, dan mulailah mencoret nama-nama tersebut.

Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup, beritahukan dengan jelas untuk tamu Anda agar tidak membawa pasangan atau teman tambahan ke pernikahan Anda.
Saat ini banyak sistem kolaboratif online yang dapat Anda gunakan untuk merencanakan daftar tamu pernikahan Anda. Cobalah salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan pastikan sistem tersebut mudah digunakan untuk orang tua Anda sekalian.

Meskipun Anda sudah menyebarkan undangan, mungkin saja ada teman atau relasi Anda yang meminta undangan tambahan. Sekali lagi, tetap teguh dengan keputusan final Anda dan beritahu mereka kalau Anda sudah berkomitmen dengan pasangan dan orang tua Anda.

Berkah Enterprise
Wedding Organizer Surabaya