6 HAL YANG PENTING SAAT MENENTUKAN TANGGAL PERNIKAHAN

Ketika anda dan pasangan memutuskan untuk menikah akan ada banyak persiapan yang sudah menanti. berbagai persiapan dilakukan dnegan bantuan kerabat dan juga vendor. persiapan menjelang pernikahan ini harus penuh kematangan agar saat hari H nanti berjalan dengan lancar. salah satu persiapan yang cukup memakan waktu yaitu menentukan tanggal pernikahan.

Menentukan tanggal pernikahan bisa jadi perkara yang gampang-gampang susah, alias bisa saja harus memprioritaskan penanggalan yang baik, ketersediaan venue dan banyak lagi.

Agar anda dan pasangan tidak stress catat telebih dahulu 6 hal yang penting saat menentukan tanggal pernikahan :

1. Persetujuan semua belah pihak.
Dalam menentukan tanggal pernikahan yaitu tanggal yang direstui oleh semua pihak. Terutama untuk orang tua atau tetua yang ingin mencari tanggal atau hari baik untuk pernikahan sesuai adat istiadat, hargai pendapat mereka dan minta persetujuan sebelum menentukan tanggal pernikahan.

2. Tidak harus tanggal cantik.
Tanggal ganda atau tanggal cantik sudah sering menjadi incarang pasangan lain. akibatnya venue menjadi lebih terbatas ataupun harganya meroket karena banyaknya permintaan. lebih baik pilih tanggal yang punya makna tersendiri misalnya hari jadian supaya selebrasinya yang ganda.

3. perhatikan hari libur nasional.
Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih tanggal adalah memerhatikan hari libur nasional. Saat hari libur nasional, banyak orang yang mengambil cuti untuk bepergian karena libur panjang. Sehingga jika menggelar pernikahan di tanggal yang mendekati libur nasional, dikhawatirkan banyak tamu yang berhalangan hadir.

4. Hindari musim hujan.
Untuk pernikahan yang digelar di luar ruangan (outdoor), hindari menggelarnya saat musim hujan. Namun jika memang ingin tetap menggelarnya, siapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi hujan yang datang tiba-tiba.

5. Tanggal Cadangan.
Untuk jaga-jaga terhadap hal yang tidak diinginkan, cari juga tanggal cadangan yang akan berguna untuk menyesuaikan dengan vendor, cuaca buruk, hal mendadak, atau hal-hal lain yang tidak bisa diantisipasi.

6. Komunikasi soal tanggal dengan vendor.
Urusan dengan vendor juga gak boleh dilupakan nih. Pasalnya, jika ingin memakai vendor terbaik yang sudah kamu incar sejak lama, kamu pun harus menyesuaikan tanggal kosong mereka. Misalnya band, fotografer, videografer, dsb. Kalau pada tanggal yang sama, mereka gak free, kamu jadi perlu mengganti dengan pilihan vendor lain. Atau kamu ganti dengan opsi tanggal yang lain.

Karena hari pernikahan itu sangat penting dan merupakan salah satu momen penting, makanya jangan sampai salah memilih tanggal. anda dan pasangan harus memikirkan dengan baik-baik dan perlu membicarakannya dengan keluarga juga. Jangan sungkan untuk menanyakan teman-teman, siapa tahu pendapat mereka bisa menjadi pertimbangan.

Berkah Enterprise
Wedding Organizer Surabaya