5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN UNTUK MEMULAI BISNIS WEDDING ORGANIZER

53528544_1500160483447694_8736772398448158888_n

Bisnis wedding organizer memang termasuk bisnis yang cukup menguntungkan. Banyak orang yang sukses dalam menekuni bisnis ini. Banyaknya orang yang merayakan pernikahan (hampir setiap minggu), bisa dipastikan seorang pebisnis WO yang telah terpercaya seringkali sibuk oleh order-order dari pernikahan orang-orang dari berbagai latar belakang dan status. Semakin tinggi status pengorder, ada kemungkinan semakin besar pula margin yang didapat. berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis wedding organizer tersebut :

  1. Konsep yang menarik
    Ketertarikan pengorder dan mempercayakan pesta pernikahannya kepada WO biasanya dikarenakan jasa WO tersebut sudah mendapat kepercayaan dalam menjalankan tugasnya. Tentu kepercayaan itu tumbuh berawal dari konsep-konsepnya yang menarik dan inovatif. Setiap pengorder atau orang yang akan melaksanakan pernikahan tentu mempunyai keinginan antara yang satu dengan yang lainnya, maka tugas WO-lah untuk menterjemahkan ide tersebut sehingga menjadi konsep yang sesuai dengan keinginan. Semakin besar dan rumit sebuah konsep pernikahan akan menentukan harga yang harus dibayar oleh pengorder.
  2. Bekerja sama dengan vendor
    Dalam pernikahan pasti diperlukan gedung untuk resepsi, studio foto, catering, vendor souvenir dan lain sebagainya. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tersebut sehingga ketika ada klien meminta bantuan WO Anda, Anda sudah punya rekomendasi vendor-vendor. Sebaliknya, jika ada yang mencari organizer di vendor-vendor yang bekerjasama dengan Anda, mereka bisa merekomendasikan usaha WO Anda kepada calon klien. Dengan demikian klien diuntungkan dengan pelayanan yang cepat dan tidak perlu repot cari satu-satu pengisi event-nya. Sementara itu, Anda juga diuntungkan dengan cara promosi yang hemat biaya.
  3. Memberikan promosi khusus
    Sebagai usaha yang masih awal, yang pertama dilakukan untuk menuju kesuksesan adalah mencari klien sebanyak-banyaknya dan mempertahankan kepercayaan. Selama satu sampai dua tahun Anda bisa memberikan promosi khusus kepada pasangan yang akan menggunakan jasa Anda, misalnya memberikan potongan harga atau memberikan bonus layanan yang menarik. Tetapi bukan berarti kualitas yang Anda berikan diturunkan. Dengan melakukan cara ini keuntungan yang Anda dapatkan ada dua yaitu mendapatkan pengalaman, dan mendapatkan promosi dari mulut ke mulut apabila hasil kerja Anda mendapat kepuasan dari klien atau tamu undangan.
  4. Portofolio yang menarik
    Cara selanjutnya adalah membuat portofolio yang menarik. Bisnis wedding organizer adalah bisnis yang mengutamakan kecantikan dan keindahan. Maka seni artistik dibutuhkan untuk mempromosikan usaha WO Anda. Portofolio yang dibuat bisa berupa media cetak ataupun media digital misalnya video. Untuk membuat portofolio yang menarik perhatian calon klien maka Anda bisa merekrut pegawai yang piawai dalam bidang desain grafis atau fotografi.
  5. Sertifikasi
    Akan jauh lebih baik lagi jika memiliki sertifikasi dalam bisnis wedding ini atau bisa juga menggunakan sertifikat yang sesuai dengan bisnis ini. Dengan begitu, banyak orang yang akan lebih percaya menggunakan jasa Anda, sehingga akan lebih banyak klien yang datang.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis wedding organizer yang baik. Semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian semua yang sedang ingin memulai bisnis wedding organizer surabaya

Berkah Enterprise
Wedding Organizer Surabaya