4 Tradisi Pernikahan Yang Unik Di Indonesia

WhatsApp Image 2019-06-18 at 01.13.47(1)

Pernikahan adalah sebuah momen penting dan sakral bagi setiap pasangan yang akan menempuh kehidupan baru bersama. Keberagaman budaya diIndonesia ternyata juga membuat setiap daerah memiliki tradisi dan ritual tersediri saat melangsungkan acara pernikahan. selain berbeda satu daerah dengan yang lainnya. Ternyata ada tradisi pernikahan di beberapa daerah di Indonesia yang cukup unik dan tidak biasa. Yuk, cari tahu bagaimana tradisi dan di mana daerah yang menerapkan tradisi tesebut.

  1. Tradisi Melamar Mempelai Pria di Sumatra
    Bila di beberapa daerah lain biasanya pria yang melamar pengantin wanitanya, lain bagi tradisi pernikahan unik yang dilakukan oleh masyarakat dari suku Minangkabau di beberapa daerah di Sumatera. Dalam tradisi masyarakat Minang, pihak keluarga dari pengantin wanita yang akan datang dan melamar calon memepelai prianya yang disebut dengan Maresek.
    Tradisi tersebut dilakukan oleh kelluarga dan calon pengantin wanita dlaam rangka memperkenalkan diri kepada calon mempelai pria dan keluarganya. Baru setelah itu, keluarga yang akan datang ke rumah calon mempelai pria dan keluarganya. Baru setelah itu membicarakan prosesi selanjutnya. Walaupun telah sejak lama dilakukan, tradisi ini justru menunjukan adanya keunikan bahwa wanita tidak selalu harus menunggu untuk dilamar.
  2. Tradisi Kromojati di Yogyakarta
    Dibandingkan dengan tradisi pernikahan unik di Indonesia lainnya, tradisi kromojati di Yogyakarta memang terbilang baru-baru saja mulai dilakukan. Walaupun di Yogyakarta masih ada yang melakukan juga tradisi pingitan seperti di Jawa Tengah, tetapi baru-baru ini diketahui ada sebuah persyaratan unik, yang harus dipenuhi oleh calon pengantin sebelum melangsungan upacara pernikahan khusunya untuk penduduk khusunya untuk penduduk Gunung Kidul.
    Persyaratan unik yang harus sipenuhi tersebut adlah menanam 5 pohon jati di beberpa daerah di Gunung Kidul. Latar belakang yang membuat tradisi ini ditetapkan oleh pemimpin daerah setempat adalah makin sedikitnya kesadaran akan pentingnyya menjaga kelestarian alam yang mengakibatkan berkurangnya lahan hijau di daerah setempat. Bukan hanya unik, ternyata tradisi pernikahan yang satu ini juga bermanfaat, ya.
  3. Tradisi Menculik Pengantin Wanita di Lombok
    Salah satu tradisi pernikahan unik yang ada di Indonesia dilakukan oleh suku Saasak yang ada di Lombok. Walaupun tradisi ini dilakukan dengan menculik calon pengantin wanita, tentu saja ada aturan khusus dan tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Setelah diculik, sang gadis diungsikan sementara di rumah dari kerabat sang pria.
    Setelah mengetahui anak gadisnya yang tidak pulang ke rumah, orang tuanya biasanya melaporkan kejadian tersebut pada kepala daerah setempat. Setelah itu, calon pengantin pria akan datang bersama keluargannya ke rumah orang tua sang gadis untuk memberitahukan bahwa anak gadisnya telah melakukan kawin lari. Bila dari keduabelah pihak telah setuju dengan pernikahan tersebut, maka akan dibahas tentang upacara pernikahan secara lebih detail. Unik bukan
  4. Tradisi Pingitan Jelang Pernikahan di Jawa Tengah
    Lain lagi dengan ketiga tradisi diatas, kini tradisi pernikahan di Jawa Tengah. Menjelang hari pernikahan, biasanya pasangan yang akan melangsungkan posesi pernikahan dengan adat jawa akan melakukan tradisi pingitan untuk calon mempelai wanitannya. Pingitan adalah tradisi yang dilakukan dengan melarang calon pengantin wanita berpergian ke luar rumah dalam jangka waktu tertentu sebelum hari pernikahan yang biasanya diawali dengan sederet ritual tertentu.
    Nah, itulah ke empat adat pernikahan yang dinilai unik di Indonesia. Tapi apapun tradisi pernikahan nya, tentunya kita akan masih dipusingkan lagi dengan yyang namanya persiapan menjelang hari pernikahan., kita harus menyiapkan budget yang bisa dibilang tidak sedikit dan sangat ribet untuk mempersiapkannya sendirian.

Untuk mempersiapkan acara pernikahan supaya bisa berjalan dengan lancar dan kita bisa lebih santai dan rileks menjelang hari pernikahan kita bisa menggunakan sebuah jasa Wedding Organizer Malang. Dalam sebuah wo pastinya kita bakalan di berikan banyak pilihan Paket Pernikahan Malang sesuai dengan keinginan kita dan budget kamu. Khusus untuk kamu yang berada di area malang dan sekitarnya langsung aja hubungi kami yaa di 0857 0404 344 5