Pernikahan Adat Bali Merupakan Pernikahan Termahal di Indonesia

23b-e1490772942360

Pernikahan merupakan moment mempersatukan antara wanita dan laki-laki dalam suatu ikatan. Pernikahan juga dapat mempersatukan dua kebudayaan atau lebih, karena tidak ada larangaan dalam pelaksanaan pernikahan beda suku, lain halnya dengan pernikahan beda agama yang dilarang oleh negara. Indonesia, sebagai negeri yang kaya akan budaya, wajar kalau pernikahan dilakukan berdasarkan tradisi yang sudah mendarah daging dalam masyarakat Indonesia.

Pernikahan adat adalah salah satu proses mensakralkan suatu hubungan dengan tata cara yang sudah dilakukan oleh banyak orang di suatu daerah tertentu. Pernikahan adat di Indonesia cukup menjadi perbincangan di mata dunia. Hal ini dikarenakan pernikahan adat di Indonesia dipenuhi dengan budayanya yang kental, berbagai rangkaian acaranya yang cukup panjang, dan pernak-perniknya yang meriah. Selain itu biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit atau cukup fantastis.

Pernikahan adat Bali termasuk dalam pernikahan termahal di Indonesia. Bali merupakan sebuah provinsi di Republik Indonesia yang terletak di antara pulau Jawa dan pulau Lombok. Pulau Bali juga terkenal dengan sebutan pulau Dewata. Masyarakat Bali memiliki budaya dan seni yang khas. Kebudayaan Bali sangatlah dikenal di seluruh dunia dan sangat erat hubungannya oleh kepercayaan Hindu di Indonesia. Banyak sekali para wisatawan yang sengaja datang ke Bali untuk mempelajari semua jenis kebudayaan yang terdapat di Bali.

Masyarakat Bali berpedoman pada ajaran agama Hindu salah satunya adalah upacara dalam pelaksanaan suatu perkawinan. Di dalam setiap pelaksanaan upacara perkawinan di Bali, tidak mengabaikan adat yang telah ada dalam masyarakat, karena umat Hindu selain berpedoman pada Kitab Weda. Dengan melakukan upacara pernikahan yang dilandasi kitab suci Weda dan mengikuti tata cara adat yang telah berlaku turun- temurun.

Adat budaya yang turun termurun mewajibkan pengantin untuk melalui prosesi tertentu dan dalam prosesi ini dibutuhkan banyak. Serta pernak-bernik dan aksesori yang diperlukan, seperti sesajen dan dekorasi. Hal ini membuat pernikahan adat Bali menghabiskan cukup banyak uang, di mana biasanya akan mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa di Indonesia terdapat banyak pernikahan adat dan memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga dalam hal ini terdapat banyak pasangan yang menginginkan melaksanakan dengan adat budayanya. Sehingga dalam hal ini membuat pasangan menggandeng jasa wedding organizer untuk dijadikan sebagai partner dengan tujuan agar mempelancara acara pernikahan.

Seperti halnya dengan wedding organizer sidoarjo yang memiliki rekanan vendor seperti catering di sidoarjo selalu siap dan sedia membantu client dalam mempersiapkan pernikahan bagi yang mau melaksanakan pernikahan dengan konsep tradisional atau pernikahan adat. Wedding organizer sidoarjo memiliki paket pernikahan Surabaya dimana di dalamnya terdapat pilihan beberapa konsep, salah satunya yaitu pernikahan adat. Pernikahan adat kian hari makin diminati oleh masyarakat.