Kamu Haru Tahu 4 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia

53831227_1092017557647786_6852050620007245860_n

Indonesia merupakan bangsa yang berlandaskan “Bhineka Tunggal Ika” yang di dalamnya terdapat berbagai macam suku, bahasa dan kebudayaan yang berbeda antara suku yang satu dengan yang lain dan dapat diketahui dengan mempelajari dari segi aspek kebudayaan suku bangsa tersebut. Dengan beragamnya suku bangsa, agama, bahasa, budaya, maka tata cara pernikahan maka pernikahan di Indonesia juga sangatlah beragam.

Di Indonesia penyelenggaraan pernikahan merupakan bagian yang sangat integral dari kebudayaan masyarakat dimana di dalamnya berisi nilai-nilai budaya. Nilai budaya itulah yang ditampilkan dalam upacara ritual yang penuh dengan makna yang telah tertanam serta terpola didalam masyarakat. Sehingga tidak heran lagi di pernikahan adat banyak yang harus dipersiapkan untuk acara rangkaian adat, yang pada akhirnya membuat biaya pernikahan membengkak.

Berikut ini 4 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Adat Bugis – Sulawesi Selatan
    Budaya Pernikahan di Suku Bugis terdahulu, untuk menentukan mahar memiliki patokan tersendiri beberapa syarat dan kewajiban yang perlu dipenuhi kepada mempelai pria yang disebut Uang Panaik. Tradisi Uang panaik adalah pemberian atau seserahan uang dari pihak keluarga calon mempelai laki-laki kepada keluarga calon mempelai wanita dengan tujuan sebagai penghormatan.
    Bagi masyarakat Bugis, uang Panaik menentukan keseriusan dari calon mempelai pria dalam mendapatkan si gadis untuk diperistri. Tradisi Uang panaik yang diberikan oleh calon suami nominalnya lebih banyak daripada mahar. Adapun kisaran nominal uang panaik yaitu dimulai dari 30 – 80 juta rupiah dan bahkan ratusan juta rupiah.
  2. Adat Batak – Sumatera
    Suku Batak dikenal sebagai salah satu suku terbesar yang ada di Indonesia, sekaligus sebagai suku yang berpegang teguh pada budayanya. Perkawinan Batak harus berlandaskan pada adat-istiadat yang sudah ditentukan. Dalam pernikahan adat batak mahar yang disiapkan oleh calon pengantin berdarah Batak harus sesuai dengan tingginya kualitas mempelai wanita yang dipinang. Dengan demikian masyarakat Minangkabau mematuhi apa yang telah digaris bawahi oleh adat setempat.
  3. Adat Minangkabau – Padang
    Pernikahan dalam adat Minangkabau merupakan salah satu hal yang penting karena berhubungan erat dengan sistem kekerabatan matrilineal dan garis keturunan. Terdapat rangkaian upacara adat didalamnya yang mengharuskan mengeluarkan budget yang banyak, untuk kisaran biaya yang harus disiapkan dapat mencapai angka 150 juta lebih untuk upacara pernikahan adat Minagkabau.
  4. Adat Sasak – Lombok
    Masyarakat suku sasak masih memegang teguh tradisi dan kebudayaan yang dimiliki hingga saat ini, tradisi memari yaitu sebelum dilakukan pernikahan calon mempelai laki-laki akan menculik calon mempelai perempuan dan dibawa ke rumah keluarganya.

Selalin itu terdapat perhitungan jumlah mahar di masyarakat Sasak disesuaikan dengan jarak dari rumah keluarga perempuan ke keluarga laki-laki. Misalnya, berapa jembatan atau berapa masjid yang dilewati. Sehingga dalam hal ini untuk melangsungkan pernikahan adat Sasak mengharuskan mengeluarkan budget yang tidak sedikit.

Mungkin diantara kalian ada yang sedang merencanakan acara pernikahan di Malang dan sekitarnya menggunakan pernikahan adat. Untuk membantu kalian yang sedang bingung, wedding organizer di malang akan membantu kalian merencanakan pernikahan seperti yang kalian impikan yaitu dengan menyediakan paket pernikahan di malang yang didalamnya terdapat beberapa pilihan paket pernikahan yang sangat bermanfaat.