Makna Pernikahan di Mata Seorang Perempuan

menikah-8f2585a8fd009b3cc603df0132fa16b5_600x400

Siklus kehidupan manusia dimulai dari masa bayi, beralih ke masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa, hingga akhirnya masuk pada kehidupan keluarga. Keluarga merupakan kelompok primer yang terpenting dalam hubungan sosial masyarakat. Keluarga terbentuk dari adanya suatu tahapan dari siklus hidup manusia yaitu pernikahan.

Pernikahan merupakan suatu ikatan atau komitemen emosional antara seorang pria dan wanita yang terjalin dalam waktu yang panjang yang melibatkan aspek tertentu, yaitu aspek sosial, ekonomi, tanggungjawab, serta kedekatan fisik. Pernikahan meletakkan perempuan dan laki-laki dalam suatu ikatan yang legal, dan memunculkan hak dan kewajiban antara keduanya.Pernikahan dimaknai sebagai hak kebebasan individu. Bagi perempuan lajang, pernikahan menjadi sebuah kontrak sosial yang mengharuskan terjadinya kesepakatan antara kedua belah pihak, tanpa ada intervensi dari pihak lain.

Diperlukan berbagai pertimbangan bagi perempuan hingga akhirnya memtuskan untuk melakukan pernikahan. Hal ini dikarenakan, bagi perempuan maka menjadi suatu hal yang memiliki makna luas bukan sekedar sebagai bentuk penyatuan antara dua belah pihak yang melakukan perkawinan. Adapun makna pernikahan di mata seorang perempuan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kasih sayang
    Bagi perempuan, kasih sayang lebih penting daripada kebutuhan seksual. Maka tidak heran apabila perempuan sangat mengharapkan kasih sayang yang terus menerus dari pasangannya, bahkan setelah menikah.
  2. Kejujuran dan komitmen
    Bagi perempuan, kejujuran dan komitmen merupakan landasan utama dibangunnya sebuah pernikahan. Kejujuran menandakan hubungan yang tulus, tanpa kejujuran apalah arti kasih sayang yang pernah diucapkan. Selain itu komitmen merupakan salah satu bagian terpenting di dalam pernikahan untuk menjaga kesetiaan pada pasangan.
  3. Mendukung keuangan
    Tidak dapat dipungkiri, keuangan menjadi faktor yang sangat diperhatikan perempuan. Terlebih karena mereka akan menjadi pengendali keuangan rumah tangganya.

Berdasarkan tulisan di atas maka, perempuan lajang dengan pendidikan dan tingkatan kerja yang tinggi tentu akan memaknai perkawinan secara lebih luas, sebagai bagian dari pola pikiryang rasional. Umumnya perempuan memiliki berbagai kriteria dan pandangan tertentu sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah.

Bagi perempuan yang sudah merasa siap untuk menikah dan hendak mengadakan pesta pernikahan, khususnya di daerah Sidoarjo dan sekitarnya wedding organizer di Malang siap membantu dan menyediakan paket pernikahan murah di Malang. Menggunakan jasa wedding organizer sudah tidak diragukan lagi manfaat yang didapat.