Apakah Loyalitas Pelanggan Jasa Catering itu Penting?

as shara

Sudah tidak dapat dipungkuri lagi bahwa pertumbuhan jasa catering berkembang sangat pesat. Pada jaman sekarang ini jasa catering merupakan suatu bagian yan tidak dapat dipisahkan dan sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan-perubahan yang terjadi pada dekade ini memberikan nuansa baru dalam berbagai sisi kehidupan manusia.

Jasa catering terdapat hubungan erat dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Sehingg hal ini membuat terdapat banyak jasa catering yang menyediakan layanan catering, seperti kita ketahui juga terdapat banyak jasa catering di Surabaya, catering Malang dan catering di Jakarta yang berlomba-lomba memenangkan persaingan usahanya.

Dengan banyaknya bisnis usaha catering pernikahan di Jakarta yang bermunculan. maka membuat persaingan diantara usaha catering di Bogor semakin tinggi, oleh sebab itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat mempertahankan pelanggan agar mampu bertahan di bisnis ini. Berdasarkan hal tesebut, maka loyalitas pelanggan sangat penting artinya bagi perusahaan yang ingin menjaga kelangsungan hidup usahanya maupun keberhasilan usahanya.

Loyalitas pelanggan tidak terbentuk dalam waktu yang singkat, tetapi melalui proses belajar atau proses pencarian informasi dan berdasarkan pengalaman pelanggan dari pembelian yang konsisten sepanjang waktu. Adapun terdapat banyak faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan misalnya:

  1. Product quality (kualitas produk).
  2. Service quality (kualitas pelayanan).
  3. Product design (desain produk).
  4. Price (harga).
  5. Trust (kepercayaan).

Loyalitas pelanggan merupakan suatu ukuran keterikatan pelanggan terhadap sebuah merek. Ukuran ini mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya pelanggan beralih ke produk yang lain. Loyalitas pelanggan akan didapatkan oleh perusahaan yang mencari perilaku konsumennya dalam memilih produk ataupun paket pernikahan di Jakarta yang ditawarkan. Dalam hal ini perusahaan harus jeli melihat apa keinginan pelanggan supaya pelanggan tidak beralih ke produk lain serta meningkatkan kualitas produk agar pelanggan lain juga memakai produk tersebut.

Hal yang paling mendasar untuk kesuksessan jangka panjang suatu usaha adalah bagaimana ia mampu mencapai serta mencapai serta mempertahankan keunggulan bersaing yang berkelanjutan yang dimilikinya. Dengan demikian loyalitas pelanggan pada jasa catering harian di Jakarta sangatlah penting pada persaingan dunia usaha yang sangat ketat saat ini. Pelanggan yang loyal merupakan aser paling berharga yang dimiliki perusahaan agar dapat memperoleh laba yang berkelanjutan.