Tips Membangun Bisnis WO dan Catering Pernikahan dengan Modal yang Terbatas

c43c5646-6639-444c-9145-76c20d3dfad8

Bisnis wedding organizer dapat dilakukan dengan modal yang minim. Bahkan CEO Tunggal berkah group (PT. Berkah Catering Nusantara) mengungkapkan modal awal yang dikeluarkan untuk bisnis ini bisa dibilang nol rupiah. Bagaimana bisa?? yuk simak ulasannya dari mulai membangun bisnis WO hingga catering dengna modal pas-pasan.

Untuk usaha jasa ini, modal yang diperlukan lebih pada kepercayaan dan kemampuan membina jaringan. Klien juga akan membayar DP sebelum kerja sama dimulai sehingga wedding organizer di Jakarta tidak mengeluarkan uang sama sekali.

Bisnis WO juga tidak perlu harus langsung memiliki kantor. Pertemuan-pertemuan dengan klien bisa dilakukan di berbagai tempat yang disepakati, misalnya di kafe. Adapun untuk alat kerja awal, dapat memanfaatkan milik pribadi seperti telepon pintar dan laptop.

Lantas bagaimana tips memulai dan menjalankan usaha ini bagi para pelaku usaha baru yang belum memiliki banyak jaringan kenalan vendor dan bermodal pas-pasan?

Jika belum mengantongi banyak pengalaman maka Anda bisa melakukan kerja sama simbiosis mutualisme dengan para pasangan yang hendak menikah.

Mulailah dari lingkungan pertemanan. Cobalah menjadi penyelenggara pernikahan untuk kalangan teman-teman pribadi atau saudara.

Jangan langsung mengambil untung dari proyek yang digarap. Akan tetapi, berikanlah jasa dengan harga yang sangat murah dan bahkan gratis. Kendati tanpa bayaran professional, lakukanlah pekerjaan secara maksimal.

Lakukan upaya demikian selama sekitar 1-2 tahun hingga bisnis dirasakan mapan untuk membayar tim kerja secara professional.

Sambil memberikan paket pernikahan di Jakarta murah atau gratis, bangun jaringan dengan vendor pernikahan seluas-luasnya sehingga Anda memiliki banyak pilihan yang dapat ditawarkan kepada klien.

Sebarkan juga kartu nama dan brosur-brosur kepada para vendor sebab acapkali agar mereka melibatkan Anda ketika mendapat proyek acara pernikahan.

Ada dua manfaat yang bisa didapat dari sistem ini. Pertama, Anda memiliki kesempatan untuk belajar sekaligus mengevaluasi cara kerja yang efektif bagi tim Anda, vendor mana yang dapat diajak kerja sama, hingga tarif yang sesuai untuk jasa Anda.

Selain mendapat pengalaman untuk menangani berbagai kendala kerja yang ada, daftar portofolio Anda juga akan semakin bertambah yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Keuntungan kedua, Anda bisa mengharapkan feedback berupa promosi dari mulut ke mulut dari para klien awal yang puas dengan hasil kerja Anda.

Word of mouth ini adalah media promosi yang paling efektif untuk jasa wedding organizer. Hal tersebut juga dapat menjadi solusi bagi minimnya modal promosi daripada harus mengikuti pameran.

Pameran, selain membutuhkan modal yang cukup besar, juga dianggap kurang efektif bagi pelaku usaha pemula. Pasalnya ketiadaan pengalaman dan portofolio justru akan menjadi bumerang yang membuat orang meragukan kapasitas Anda sebagai penyelenggara acara pernikahan.

Dalam bisnis jasa wedding organizer, pengembangan usaha akan lebih dipengaruhi oleh kepercayaan konsumen maupun rekan sesama vendor. Membina dan menjaga hubungan baik tersebut tentunya memerlukan proses yang tidak instan.

Memulai Bisnis Catering Bagi Pemula

Bisnis catering? Apa sih yang Anda ketahui tentang bisnis catering? Bisnis catering adalah bisnis rumahan yang mempunyai potensi baik untuk dikembangkan dalam usaha. Menjalankan usaha catering sangat baik secara financial selain itu usaha catering sebagai usaha yang sangat menyenangkan apabila dijalani. Bagi Anda yang mempunyai acar penting seperti pernikahan, ulang tahun, khitanan atau acara lain yang membutuhkan makanan dalam jumlah banyak maka bisa memilih untuk menggunakan jasa catering harian di Jakarta atau jasa catering pernikahan.

Dalam menjalankan bisnis catering tentunya membutuhkan stamina yang ekstra karena olahan makanan yang akan dimasak pastinya dalam jumlah yang banyak. Agar usaha cetaring yang dijalankan tetap berjalan lancar sebagai pengusaha catering Anda harus bersedia untuk bekerja keras dan membuat konsumen anda semakin paus dengan hasil olahan makanan yang Anda buat.

Jika diperhatikan permintaan catering dari tahun ke tahunnya semakin meningkat. Kenapa permintaan catering semakin meningkat? Hal ini disebabkan karena meningkatnya jumlah rumah tangga dan angka pernikahan. Usaha catering tidak hanya melayani acara pernikahan saja tetapi banyak perusahan yang memakai jasa catering untuk melayani makan siang para karyawannya.

Apabila diperhatikan dan diamati usaha catering dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar dan bagi Anda yang belum memiliki usaha bisa mencoba menjalankan usaha catering. Untuk memulai bisnis catering hampir sama dengan memulai bisnis makanan karena modal yang diperlukan lumayan cukup besar.

Jika Anda belum mempunyai modal yang cukup untuk menjalankan usaha catering pernikahan murah di Jakarta maka Anda bisa bekerja sama dengan teman Anda. Dengan cara bekerja sama maka modal yang diperlukan akan semakin ringan. Untuk saat ini Anda bisa bekerja sama dengan ibu rumah tangga karena banyak ibu rumah tangga binggung mencari usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah.

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha catering di Bogor harus memperhatikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk mendukung kelancaran usaha catering yang dijalankan. Hal penting apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin menjalankan usaha catering bisa Anda lihat penjelasan di bawah ini.

Memperluas Wawasan Tentang Bisnis Catering

Apabila Anda ingin menjalankan usaha catering di Tangerang sebaiknya Anda memperluas wawasan Anda tentang usaha catering yang akan dijalalankan. Jika pengetahuan tentang usaha catering sudah dipahami sebelum mengembangkannya dalam usaha tentunya untuk memulai bisnis catering bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Untuk memudahkan Anda tentang cara menjalankan peluang bisnis catering Anda bisa bertanya-tanya ke lingkungan sekitar, membaca buku kuliner makanan, atau bisa juga dengan browsing di internet.

Menyiapkan Kebutuhan Modal

Modal merupakan hal terpenting dalam menjalankan usaha catering Jakarta Murah karena dengan menyiapkan modal yang digunakan segala kebutuhan yang diperlukan bisa diperoleh dengan sangat mudah. Jika Anda belum mempunyai modal yang cukup untuk membeli peralatan yang digunakan maka Anda bisa menyiasati dengan cara menggunakan peralatan dapur yang tersedia di rumah. Dengan hal ini biaya peralatan yang seharusnya digunakan bisa dialihkan sementara untuk membeli kebutuhan bahan. Perkiraan kebutuhan modal usaha yang diperlukan untuk menjalankan usaha catering sebesar Rp. 2 jutaan rupiah. Jika usaha catering sudah berjalan lancar maka Anda bisa mengambil keuntungan untuk membeli peralatan yang diperlukan.

Memperhatikan Kualitas Makanan

Kualitas makanan yang Anda buat didalam usaha catering juga akan mempengaruhi kesuksesan bisnis yang Anda jalani. Kualitas makanan dapat dilihat dari cita rasa makanan yang disajikan serta penyajiannya. Selain itu sebagai pengusaha catering Anda juga harus memperhatikan kebersihan olahan makanan yang Anda buat. Apabila Anda ingin menjalankan usaha catering dengan kualitas baik Anda bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas untuk digunakan dalam usaha. Usahakan jangan menggunakan bahan-bahan berbahaya yang dapat menganggu kesehatan.

Mempersiapkan Mental yang Kuat Untuk Diri Sendiri

Banyak masyarakat yang memilih untuk menjalankan usaha catering untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Mendapatkan keuntungan besar tidak bisa dilakukan dengan mudah sehingga Anda harus menyiapkan mental yang kuat terlebih dahulu. Jika menjalankan bisnis catering Anda juga harus siap dengan resiko yang akan dialami. Apabila Anda takut menghadapi resiko buruk yang akan dialami sebaiknya Anda memikirkan hal-hal positif agar rasa khawatir yang dialami bisa hilang dan terlupakan. Sebagai pengusaha catering Anda harus yakin dengan kesuksesan usaha yang akan Anda rasakan.

Menentukan Harga

Menentukan harga juga akan mempengaruhi kelancaran usaha catering yang dijalankan. Usahakan untuk tidak mematok harga dengan nilai jual terlalu tinggi agar semua kalangan masyarakat bisa menjangkaunya dengan mudah. Agar usaha catering dapat berjalan lancar Anda bisa memeberikan promo di awal usaha.

Pemasaran yang Menarik

Menjalankan usaha catering agar dapat berjalan lancar tentunya harus dilakukan dengan cara pemasaran. Cara pemasaran untuk mengembangkan usaha catering sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara-cara pemasaran yang bisa Anda lakukan dapat menggunakan selebaran yang di edarkan di jalan raya. Selain itu Anda bisa memasarkan usaha catering melalui dunia maya seperti facebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya.

Nah, itu tadi sajian gal penting apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis catering bagi pemula. Semoga dengan adanya penjelasan di atas Anda tidak akan binggung lagi tentang cara menjalankan usaha catering dengan lancar